Singing Hatsune Miku Welcome To My Blog: Karya Ilmiah tenang pengaruh internet

Kamis, 06 Februari 2014

Karya Ilmiah tenang pengaruh internet



PENGARUH INTERNET BAGI REMAJA DAN ANAK-ANAK


Atikah Fadhilah Afrizal (10)
IX-7



Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 179 Jakarta Timur
Tahun ajaran 2013/2014

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karunianya saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini yang berjudul “Pengaruh internet bagi remaja dan ank-anak ”. Meskipun banyak hambatan, penulis bisa menyelesaikannya tepat waktu.
Tentunya ada hal-hal yang ingin saya berikan kepada masyarakat  dari hasil karya ilmiah ini. Penulis bermaksud untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pengaruh internet bagi remaja dan anak-anak. Selain itu karya ilmiah ini juga untuk melengkapi tugas Bahasa Indonesia.
Tidak lupa penulis sampaikan terimakasih kepada guru pembimbing yang telah membantu dan membimbing penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis  juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua  juga teman-teman yang sudah memberi semangat baik langsung ataupun secara tidak langsung.

Jakarta , Jakarta 2014

Penulis




DAFTAR ISI

Judul _________________________________________________       i
Kata Pengantar __________________________________________      ii
Pendahuluan ____________________________________________     iii
Pembahasan         ________________________________________      iv
Penutup _______________________________________________      v
Daftar Pusaka ___________________________________________     vi






  
BAB IV
PENDAHULUAN
VI.1 Latar Belakang
Saat ini internet berkembang sangat pesat. Banyak dampak positif ataupun negatif dari internet bagi para penggunanya, termasuk remaja dan anak-anak. Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking secara global karena merupakan jaringan komputer dalam skala internasional. Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi pelajar, karena dengan menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi-informasi secara cepat dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media dapat dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi penggunanya tetapi juga menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya, terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat diakses dari internet ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan tetapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs porno.

Dengan adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi buruk dari pengguna internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk melakukan penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak negatif internet terhadap pelajar.

IV.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, masalah-masalah yang muncul dapat di identifikasi sebagai berikut :
1.      Banyaknya masyarakat yang belum mengetahui pengaruh internet bagi remaja dan anak-anak.
2.      Banyaknya masyarakat yang belum memahami tentang informasi yang positif yang ada di internet.

IV.3 Rumusan Masalah
Bagaimanakah cara untuk mengatasi pengaruh internet?

IV.4 Tujuan
Penulisan karya ilmiah ini  bertujuan :
1.      Mengetahui sejarah dari Internet
2.      Mengetahui apa saja Dampak yang di timbulkan oleh Internet bagi remaja dan anak-anak.
3.      Mengetahui apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk menghindar dari dampak negatif Internet
IV.5 Metode
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode diskriptif, yaitu metode penelitian yang memberikah gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti.







BAB V
PEMBAHASAN
5.1 Sejarah Internet
Tahun 1969 – Cikal bakal internet pertamakali dprakarsai sebuah proyek ARPA yang juga dikenal sebagai ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek tersebut menunjukan bahwa dengan memanfaatkan sitem dan software berbasis UNIX komunikasi bisa dilakukan tanpa batas jarak melalui jaringan telpon. Seiring perkembangan proyek tersebut munculah cikal bakal TCP/IP yang kita gunnakan saat ini. Perkembangan rancangan pun semakin mengarah ke arah positif, internet yang sebelumnya dirancang untuk kebutuhan militer lama kelamaan pun mulai dikembangan untuk keperluan pendidikan dan umum.
Tahun 1972 – Roy Tomlinson akhirnya berhasil menyempurnakan sebuah program e-mail yang dirancang untuk ARPANET. Karena kemudahanya, program e-mail pun langsung populer di masa itu. Disusl juga kemunculan icon @ yang mewakili lambang penting sebagai indikasi “at” atau “pada”.
Tahun 1973 – Di tahun ini, perkembangan jaringan ARPANET mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Komputer pertama yang menjadi anggota dan menggunakan jaringan ARPANET adalah komputer University College di London. Tak lama kemudian dua hali komputer Vinton Cerf dan Bob Kahn mepresentasikan gagasan internet yang lebih besar di Universitas Sussex yang akhirnya menjadi cikal bakal berkembangnya Internet seperti sekarang ini.
Tahun 1976 – Tepatnya tanggal 26 Maret menjadi hari bersejarah dalam perkembangan internet ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Perkembangan internet pun semakin cepat, dalam kurun waktu 1 tahun setelah itu telah ada lebih dari 100 komputer yang bergabung dan menggunakan jaringanARPANET sehingga terbentuklah jaringan network.
Tahun 1979 – Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin berhasil mencipatakan newsgroup pertama dengan nama USENET.
Tahun 1981 – France Telecom membuat sebuah gebrakan di dunia teknologi saat itu dengan meluncurkan telepon televisi pertama yang memberikan kemudahan orang-orang untuk bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.
Tahun 1990 – Adalah tahun bersejarah dimana muncul program editor dan browser yang ditemukan oleh Tim Berners Lee.  Program tersebut memberikan kemampuan bagi pengguna untuk menjelajah jaringan komputer yang terhubung. Nah, program tersebut yang akhirnya diberi nama www atau Worl Wide Web seperti sekarang ini.
Tahun 1992 – Meningkatnya komputer tersambung dan membentuk jaringan di tahun itu mecapai sejuta komputer. Sehingga pada thun tersebut muncul istilah keren yaitu surfing the internet.
Tahun 1994 – Di tahun tersebut situs internet sudah berkembang dan tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. Di tahun itu pula muncul virtual-shopping atau e-retail di dunia internet. Bukan itu saja, 1994 juga lahirnya situs Yahoo! yang melahirkan Netscape Navigator 1.0. Dimana memungkinkan komputer berinteraksi dengan pengguna komputer lainya secara global seperti yang kita gunakan seperti sekarang ini.
5.2 Dampak Dari Internet
A. dampak positif
Internet sebagai media informasi, artinya ini merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain di seluruh dunia.
1.   Media untuk mencari informasi atau data, artinya dengan menggunakan jaringan internet yang telah pesat perkembangannya menjadikan www (worid wide web) sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.  Fungsi komunitas, artinya internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi,mencari informasi,melakukan transaksi bisnis dan lain-lain. Internet juga sering disebut dunia maya karena sifatnya yang sangat mirip dengan kehidupan sehari-hari.
3. Media pertukaran data, artinya dengan menggunakan email,newsgroup, www atau pun jaringan web-web lainnya para pengguna internet di seluruh dunia dapat saing bertukar informasi dengan cepat,mudah, dan murah.
4.  Mengambil/mengirim informasi (download/upload), berbagai informasi mengenai apapun dapt diperoleh melalui internet, selain itu kita pun dapat turut andil dengan mengirimkan (upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui,
5. Menggunakan teknologi “teleconference” (konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh), karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis,
6. Mendapatkan hiburan, tidak hanya bagi orang dewasa, namun siswa sekolah dasarpun telah mengenal dan memanfaatkannya meski seringkali hanya untuk mendapatkan kesenangan,
7.     Internet juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak, misalnya dengan memanfaatkan software yang menarik untuk menggugah minat anak belajar. Isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang penuh dengan kegembiraan. Sekaligus menghindarkan anak dari rasa tertekan saat belajar karena menganggap pelajaran sulit dan menakutkan, dan sebagainya.


B. Dampak Negatif
1)      Pornografi
Banyak yang menganggap bahwa internet identik dengan pornografi, saya kira hal tersebut memang tidak salah, mengingat internet dapat digunakan untuk kegiatan yang sifatnya porngrafi. Bayangkan saya dengan internet seseorang bias mengaksek homepage atau situs yang berisikan content khusus dewasa, artinya bahwa dengan kemudahan ini seseorang akan dengan mudah menemukan hal-hal yang berbau porno.

2)      Perjudian
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya internet, sangat menguntungkan bagi pelaku perjudian, perjudian di internet diatur dengan sedemikian rupa sehingga seseorang yang melakukan judi dapat berada di tempat yang sangat jauh.

      3)       Penipuan
Penipuan terbilang cukup marak terjadi di internet, hal ini terjadi di karenakan adanya kemudahan transaksi tanpa-tatap muka yang kemudian berujung pada mudahnya seseorang di tipu oleh orang lain.

4)      Mengabaikan kehidupan sosial.
Adakalanya seseorang yang telah kecanduan internet, bisa saja menghiraukan sosial disekelilingnya, orang tersebut bisa terpaku seharian di internet tanpa tahu apa yang ada di lingkungannya, hal ini memang cukup berbahaya jika terjadi, untuk itulah jika anda seorang netter (seseorang yang selalu terhubung dengan internet), sebisa mungkin luangkan waktu untuk sekedar berbincang kepada masyrakat sekitar.

5)       Kecanduan internet
Internet bisa menyebabkan ketergantungan (hal ini biasa terjadi ketika seseorang telah sangat suka terhadap jejaring social ataupun game online ) hingga mengakibatkan lupa waktu dalam kehidupannya.


6)      Hacking
Sebuah usaha untuk membobol jaringan dengan tujuan mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan pada system jaringan tersebut.

7)      Cracking
Sebuah usaha untuk memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan tujuan untuk mencuri, mengedit bahkan menghancurkan data-tada yang tersimpan disuatu jaringan.

8)      Violence And Gore
Kekejaman juga sering kali terjadi, karena bisnis di dunia internet semakin hari semakin banyak seiring pekembangan teknologi internet sampai jumlah yang tak terbatas, maka pemilik website menghalalkan segala cara supaya bisa menjual website miliknya.



9)      Carding
Ini merupakan cara untuk berbelanja dengan menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya pelaku mencuri data-data korban melalui internet.

10)   Information overload
Karena menemukan informasi yang tak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.

11)   Cyber-relational addiction
Adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.

12)   Cybersexual addiction
Adalah obsesi untuk melihat, mendownload dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.

13)   Computer addiction
Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.

5.3 cara untuk menghindar dari dampak negatif Internet
• Dari sisi Orang tua :
1. Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum (sebaiknya tidak di kamar tidur anak).
2. Batasi waktu pemakaian komputer untuk anak.
3. Orang tua harus terlibat dan menyediakan waktu dengan anak-anak pada saat mereka sedang online.
4. Pelajari sebanyak mungkin tentang komunitas online, mungkin saja anak-anak lebih mengetahuinya dibandingkan orang tua.
5. Cari tahu mengenai software-software pemblokiran dan penyaringan situs-situs tertentu serta implementasikan.
6. Jika menggunakan komputer bersama dengan anak-anak, dan sengaja ataupun tidak sengaja telah mengunjungi suatu website yang sebaiknya tidak dikunjungi anak, sebaiknya menghapus alamatnya dengan cara menghapus history-nya.




BAB VI
PENUTUP
VI.1 Simpulan
Jadi sebenarnya internet mempunyai banyak manfaat positif salah satunya adalah sumber informasi terbesar selain buku dan ada juga dampak negatifnya seperti pornografi. Sebagian anak-anak dan remaja mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar jadi para orang tua harus selalu mengawasinya saat bermain internet.
VI.2 Saran
Sebaiknya para orang tua selalu mengawasi buah hatinya saat bermain internet, mengajak ia berkomunikasi dan selalu dekat dengannya. Dan untuk remaja dan anak-anak sebaiknya membuang rasa penasaran tentang pornografi dan kejahatan lainnya dari internet, pergunakanlah internet dengan sebaik-baiknya sebagai sarana pembelajaran, berkomunikasi dan mencari informasi-informasi penting.







Daftar Pusaka





http://sunardo.wordpress.com/2009/07/25/langkah-untuk-mencegah-dampak-negatif-internet-terhadap-masyarakat-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar