PENGARUH
INTERNET BAGI REMAJA DAN ANAK-ANAK
Atikah
Fadhilah Afrizal (10)
IX-7
Sekolah
Menengah Pertama Negeri (SMPN) 179 Jakarta Timur
Tahun
ajaran 2013/2014
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karunianya
saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini yang berjudul “Pengaruh internet bagi
remaja dan ank-anak ”. Meskipun banyak
hambatan, penulis bisa menyelesaikannya tepat waktu.
Tentunya
ada hal-hal yang ingin saya berikan kepada masyarakat dari hasil karya ilmiah ini. Penulis
bermaksud untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pengaruh internet
bagi remaja dan anak-anak. Selain itu karya ilmiah ini juga untuk melengkapi
tugas Bahasa Indonesia.
Tidak
lupa penulis sampaikan terimakasih kepada guru pembimbing yang telah membantu
dan membimbing penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada orang
tua juga teman-teman yang sudah memberi
semangat baik langsung ataupun secara tidak langsung.
Jakarta
, Jakarta 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
Judul
_________________________________________________ i
Kata Pengantar
__________________________________________ ii
Pendahuluan ____________________________________________ iii
Pembahasan
________________________________________ iv
Penutup
_______________________________________________ v
Daftar Pusaka
___________________________________________ vi
BAB
IV
PENDAHULUAN
VI.1
Latar Belakang
Saat
ini internet berkembang sangat pesat. Banyak dampak positif ataupun negatif
dari internet bagi para penggunanya, termasuk remaja dan anak-anak. Dengan hadirnya internet yang
merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah
mengakses berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan
Interconnection Networking secara global karena merupakan jaringan komputer
dalam skala internasional. Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi
pelajar, karena dengan menggunakan internet pelajar dapat mengakses
informasi-informasi secara cepat dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi
dari berbagai media dapat dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan
teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi
penggunanya tetapi juga menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya,
terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat
diakses dari internet ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan
tetapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu
situs-situs porno.
Dengan
adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi buruk dari pengguna
internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk
melakukan penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak
negatif internet terhadap pelajar.
IV.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah, masalah-masalah yang muncul dapat di identifikasi
sebagai berikut :
1. Banyaknya masyarakat yang belum
mengetahui pengaruh internet bagi remaja dan anak-anak.
2. Banyaknya masyarakat yang belum
memahami tentang informasi yang positif yang ada di internet.
IV.3
Rumusan Masalah
Bagaimanakah cara untuk mengatasi pengaruh internet?
IV.4
Tujuan
Penulisan karya ilmiah ini
bertujuan :
1.
Mengetahui sejarah dari Internet
2.
Mengetahui apa saja Dampak yang di
timbulkan oleh Internet bagi remaja dan anak-anak.
3.
Mengetahui apa saja cara yang bisa
kita lakukan untuk menghindar dari dampak negatif Internet
IV.5
Metode
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode
diskriptif, yaitu metode penelitian yang memberikah gambaran atau uraian suatu
keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti.
BAB V
PEMBAHASAN
5.1 Sejarah Internet
Tahun 1969 – Cikal bakal internet pertamakali
dprakarsai sebuah proyek ARPA yang juga dikenal sebagai ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network) di Amerika Serikat pada tahun 1969.
Proyek tersebut menunjukan bahwa dengan memanfaatkan sitem dan software
berbasis UNIX komunikasi bisa dilakukan tanpa batas jarak melalui jaringan
telpon. Seiring perkembangan proyek tersebut munculah cikal bakal TCP/IP yang
kita gunnakan saat ini. Perkembangan rancangan pun semakin mengarah ke arah positif,
internet yang sebelumnya dirancang untuk kebutuhan militer lama kelamaan pun
mulai dikembangan untuk keperluan pendidikan dan umum.
Tahun 1972 – Roy Tomlinson akhirnya berhasil
menyempurnakan sebuah program e-mail yang dirancang untuk ARPANET. Karena
kemudahanya, program e-mail pun langsung populer di masa itu. Disusl juga
kemunculan icon @ yang mewakili lambang penting sebagai indikasi “at” atau
“pada”.
Tahun 1973 – Di tahun ini, perkembangan jaringan
ARPANET mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Komputer pertama yang
menjadi anggota dan menggunakan jaringan ARPANET adalah komputer University
College di London. Tak lama kemudian dua hali komputer Vinton Cerf dan Bob Kahn
mepresentasikan gagasan internet yang lebih besar di Universitas Sussex yang
akhirnya menjadi cikal bakal berkembangnya Internet seperti sekarang ini.
Tahun 1976 – Tepatnya tanggal 26 Maret menjadi
hari bersejarah dalam perkembangan internet ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Perkembangan internet pun semakin cepat, dalam kurun waktu 1 tahun setelah itu
telah ada lebih dari 100 komputer yang bergabung dan menggunakan
jaringanARPANET sehingga terbentuklah jaringan network.
Tahun 1979 – Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve
Bellovin berhasil mencipatakan newsgroup pertama dengan nama USENET.
Tahun 1981 – France Telecom membuat sebuah
gebrakan di dunia teknologi saat itu dengan meluncurkan telepon televisi
pertama yang memberikan kemudahan orang-orang untuk bisa saling menelepon
sambil berhubungan dengan video link.
Tahun 1990 – Adalah tahun bersejarah dimana
muncul program editor dan browser yang ditemukan oleh Tim Berners Lee.
Program tersebut memberikan kemampuan bagi pengguna untuk menjelajah jaringan
komputer yang terhubung. Nah, program tersebut yang akhirnya diberi nama www
atau Worl Wide Web seperti sekarang ini.
Tahun 1992 – Meningkatnya komputer tersambung dan
membentuk jaringan di tahun itu mecapai sejuta komputer. Sehingga pada thun
tersebut muncul istilah keren yaitu surfing the internet.
Tahun 1994 – Di tahun tersebut situs internet
sudah berkembang dan tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. Di tahun itu pula
muncul virtual-shopping atau e-retail di dunia internet. Bukan itu saja, 1994
juga lahirnya situs Yahoo! yang melahirkan Netscape Navigator 1.0. Dimana
memungkinkan komputer berinteraksi dengan pengguna komputer lainya secara
global seperti yang kita gunakan seperti sekarang ini.
5.2 Dampak Dari Internet
A. dampak positif
Internet sebagai
media informasi, artinya ini
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain di seluruh
dunia.
1. Media untuk
mencari informasi atau data, artinya dengan menggunakan jaringan internet yang telah pesat
perkembangannya menjadikan www (worid wide web) sebagai salah satu sumber
informasi yang penting dan akurat.
2. Fungsi komunitas, artinya internet membentuk masyarakat
baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam
komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi,mencari informasi,melakukan
transaksi bisnis dan lain-lain. Internet juga sering disebut dunia maya karena
sifatnya yang sangat mirip dengan kehidupan sehari-hari.
3. Media pertukaran data, artinya dengan menggunakan email,newsgroup, www atau
pun jaringan web-web lainnya para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saing bertukar informasi dengan cepat,mudah, dan murah.
4.
Mengambil/mengirim
informasi (download/upload), berbagai informasi mengenai apapun dapt diperoleh
melalui internet, selain itu kita pun dapat turut andil dengan mengirimkan
(upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui,
5. Menggunakan teknologi “teleconference” (konferensi
interaktif secara on line dari jarak jauh), karena dapat menghemat waktu,
tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis,
6. Mendapatkan hiburan, tidak hanya bagi orang dewasa, namun
siswa sekolah dasarpun telah mengenal dan memanfaatkannya meski seringkali
hanya untuk mendapatkan kesenangan,
7. Internet juga
dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak,
misalnya dengan memanfaatkan software yang menarik untuk menggugah minat anak
belajar. Isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat menciptakan
suasana belajar yang penuh dengan kegembiraan. Sekaligus menghindarkan anak
dari rasa tertekan saat belajar karena menganggap pelajaran sulit dan
menakutkan, dan sebagainya.
B. Dampak Negatif
1) Pornografi
Banyak yang menganggap bahwa
internet identik dengan pornografi, saya kira hal tersebut memang tidak salah,
mengingat internet dapat digunakan untuk kegiatan yang sifatnya porngrafi.
Bayangkan saya dengan internet seseorang bias mengaksek homepage atau situs
yang berisikan content khusus dewasa, artinya bahwa dengan kemudahan ini
seseorang akan dengan mudah menemukan hal-hal yang berbau porno.
2) Perjudian
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa
dengan adanya internet, sangat menguntungkan bagi pelaku perjudian, perjudian
di internet diatur dengan sedemikian rupa sehingga seseorang yang melakukan
judi dapat berada di tempat yang sangat jauh.
3)
Penipuan
Penipuan terbilang cukup marak
terjadi di internet, hal ini terjadi di karenakan adanya kemudahan transaksi tanpa-tatap
muka yang kemudian berujung pada mudahnya seseorang di tipu oleh orang lain.
4) Mengabaikan kehidupan sosial.
Adakalanya seseorang yang telah
kecanduan internet, bisa saja menghiraukan sosial disekelilingnya, orang
tersebut bisa terpaku seharian di internet tanpa tahu apa yang ada di
lingkungannya, hal ini memang cukup berbahaya jika terjadi, untuk itulah jika
anda seorang netter (seseorang yang selalu terhubung dengan internet), sebisa
mungkin luangkan waktu untuk sekedar berbincang kepada masyrakat sekitar.
5) Kecanduan internet
Internet bisa menyebabkan
ketergantungan (hal ini biasa terjadi ketika seseorang telah sangat suka
terhadap jejaring social ataupun game online ) hingga mengakibatkan lupa waktu
dalam kehidupannya.
6) Hacking
Sebuah usaha untuk membobol jaringan
dengan tujuan mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan pada system jaringan
tersebut.
7) Cracking
Sebuah usaha untuk memasuki sebuah
jaringan secara illegal dengan tujuan untuk mencuri, mengedit bahkan menghancurkan
data-tada yang tersimpan disuatu jaringan.
8) Violence And Gore
Kekejaman juga sering kali terjadi,
karena bisnis di dunia internet semakin hari semakin banyak seiring pekembangan
teknologi internet sampai jumlah yang tak terbatas, maka pemilik website
menghalalkan segala cara supaya bisa menjual website miliknya.
9) Carding
Ini merupakan cara untuk berbelanja
dengan menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh
secara ilegal, biasanya pelaku mencuri data-data korban melalui internet.
10) Information overload
Karena menemukan informasi yang tak
habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan
waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang
ada.
11) Cyber-relational addiction
Adalah keterlibatan yang berlebihan
pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan
virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada
dalam dunia nyata.
12) Cybersexual addiction
Adalah obsesi untuk melihat,
mendownload dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan
role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.
13) Computer addiction
Riset menemukan bahwa beberapa
organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games
off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu),
yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.
5.3 cara untuk menghindar dari dampak negatif Internet
• Dari sisi Orang tua :
1. Letakkan komputer di ruang keluarga
atau ruangan yang sering dilewati umum (sebaiknya tidak di kamar tidur anak).
2. Batasi waktu pemakaian komputer untuk
anak.
3. Orang tua harus terlibat dan
menyediakan waktu dengan anak-anak pada saat mereka sedang online.
4. Pelajari sebanyak mungkin tentang
komunitas online, mungkin saja anak-anak lebih mengetahuinya dibandingkan orang
tua.
5. Cari tahu mengenai software-software
pemblokiran dan penyaringan situs-situs tertentu serta implementasikan.
6. Jika menggunakan komputer bersama
dengan anak-anak, dan sengaja ataupun tidak sengaja telah mengunjungi suatu
website yang sebaiknya tidak dikunjungi anak, sebaiknya menghapus alamatnya
dengan cara menghapus history-nya.
BAB
VI
PENUTUP
VI.1
Simpulan
Jadi sebenarnya
internet mempunyai banyak manfaat positif salah satunya adalah sumber informasi
terbesar selain buku dan ada juga dampak negatifnya seperti pornografi.
Sebagian anak-anak dan remaja mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar jadi
para orang tua harus selalu mengawasinya saat bermain internet.
VI.2
Saran
Sebaiknya para orang tua selalu mengawasi buah
hatinya saat bermain internet, mengajak ia berkomunikasi dan selalu dekat
dengannya. Dan untuk remaja dan anak-anak sebaiknya membuang rasa penasaran
tentang pornografi dan kejahatan lainnya dari internet, pergunakanlah internet
dengan sebaik-baiknya sebagai sarana pembelajaran, berkomunikasi dan mencari
informasi-informasi penting.
Daftar Pusaka
http://sunardo.wordpress.com/2009/07/25/langkah-untuk-mencegah-dampak-negatif-internet-terhadap-masyarakat-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar